
STRATEGI
DAN DESAIN PEMBELAJARAN
Oleh:
Kelompok:
Anak Agung Permatasari NIM 1611031016
Siti Miftahul Jannah NIM 1611031029
I KomangWidiana NIM 1611031038
Kadek Agus Wiradana NIM 1611031055
Kadek
Suardani NIM
1611031059
Kelas : A
Semester : IV
JURUSAN PENDIDIKAN GURU SEKOLAHDASAR
FAKULTASILMUPENDIDIKAN
UNIVERSITASPENDIDIKANGANESHA
2018
KATA PENGANTAR
Om Swastyastu
Puja
dan puji syukur dipanjatkan kehadapan
Ida Sang HyangWidhiWasa/ Tuhan
Yang Maha Esa,karenaatasberkatrahmat-NyapenulisdapatmenyelesaikanMakalahMengenai Strategi dan Desain Pembelajaran. Penulis mengharapkan makalah ini dapat
memberikan manfaat bagi para pembaca, terutama dalam hal melakukan kegiatan pembelajaran.
Penulis menyadari, bahwa
makalah ini masih jauh
dari kesempurnaan dan terdapat berbagai kekeliruan serta masih membutuhkan
pengembangan lebih lanjut. Oleh karena itu, saran dan kritik sangat penulis harapkan guna menambah wawasan dan agar nantinya penulis dapat membuat makalah yang lebih baik.
Pada akhirnya penulis berharap agar makalah ini dapat berguna bagi para pembaca.
Om Santih,
Santih, Santih Om
Singaraja, 7
Maret 2018
Penulis
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR.......................................................................................... ii
DAFTAR ISI........................................................................................................ iii
BAB I PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang......................................................................................... 1
1.2
Rumusan Masalah.................................................................................... 1
1.3
Tujuan....................................................................................................... 1
1.4
Manfaat.................................................................................................... 1
BAB II ISI
2.1 Pengertian Model Pembelajaran
Langsung..............................................
2.2
Ciri-ciri
Model Pembelajaran Langsung...................................................
2.3 Sintaks Model Pembelajaran Langsung...................................................
2.4 Kelebihan Model Pembelajaran
Langsung...............................................
2.5 Kekurangan Model Pembelajaran
Langsung............................................
BAB III PENUTUP
...... 3.1 Simpulan...................................................................................................
3.2
Saran.........................................................................................................
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
LatarBelakang
Pembelajaran
akan berjalan dengan baik ketika aspek pendidikan dapat berjalan serasi. Pengembangan
pendidikan harus sesuai dengan proses pengajaran yang tepat agar anak didik
dapat menerima pelajaran dengan baik. Guru sebagai pendidik harus mampu
menghidupkan suasana belajar agar proses pembelajaran dapat tercapai. Pemilihan
model pembelajaran menjadi salah satu kunci penunjang dalam proses
pembelajaran. Ada berbagai model pembelajaran yang dapat digunakan untuk
mengajar, namun sebelum memilih model pembelanjaran yang sesuai guru harus
memahami karakteristik siswa agar model pembelanjaran yang digunakan memang
benar-benar efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran.Penanaman konsep pada
siswa sekolah dasar menjadi sesuatu yang sangat penting karena berpengaruh pada
struktur kognitif anak pada jenjang selanjutnya.Maka dari itu dalam makalah ini
diuraikan mengenai model pembelajaran langsung yang menekankan pada konsep.
1.2
RumusanMasalah
1.2.1.Apa
pengertian dari model pembelajaran langsung?
1.2.2. Bagaimana sintaks
model pembelajaran langsung?
1.2.3. Apa
ciri-ciri khas dari model pembelajaran langsung?
1.2.4. Apa
kelebihan model pembelajaran langsung?
1.2.5. Apa
kekurangan model pembelajaran langsung?
1.3 Tujuan
1.3.1.Mahasiswa dapat memahami pengertian
model pembelajaran langsung.
1.3.2. Mahasiswa dapat memahami sintaks
model pembelajaran langsung.
1.3.3.Mahasiswa
dapat memahami ciri-ciri khas model pembelajaran langsung.
1.3.4.
Mahasiswa dapat memahami kelebihan model pembelajaran langsung.
1.3.5.Mahasiswa
dapat memahami kekurangan model pembelajaran langsung.
BAB
II
PEMBAHASAN
2.1. Pengertian Model Pembelajaran Langsung
Menurut Akhmad Sudrajat
dalam blognya https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2011/01/27/model-pembelajaran-langsung/ mengemukakan model pembelajaran
langsung adalah model pembelajaran yang menekankan pada penguasaan konsep
dan/atau perubahan perilaku dengan mengutamakan pendekatan deduktif.
Model pembelajaran langsung menurut Arends (Trianto, 2011 :
29) adalah “Salah satu pendekatan mengajar yang dirancang khusus untuk
menunjang proses belajar siswa yang berkaitan dengan pengetahuan deklaratif dan
pengetahuan prosedural yang terstruktur dengan baik yang dapat diajarkan dengan
pola kegiatan yang bertahap, selangkah demi selangkah”.(https://Anggitaata.wordpress.com/2012/09/04/pengertian-model-pembelajaran-langsung).
Dari kedua pendapat di atas, dapat kami simpulkan bahwa
model pembelajaran langsung adalah model pembelajaran yang menekankan pada
penguasaan konsep dan/atau perubahan perilaku yang dirancang khusus untuk
menunjang proses belajar siswa yang berkaitan dengan pengetahuan deklaratif dan
pengetahuan prosedural dengan mengutamakan pendekatan deduktif yang dapat
diajarkan dengan pola kegiatan yang bertahap.
2.2. Ciri-ciri khas Model Pembelajaran
Langsung
Menurut Akhmad Sudrajat dalam blognyahttps://akhmadsudrajat.wordpress.com/2011/01/27/model-pembelajaran-langsung/Model pembelajaran langsung memiliki ciri-ciri
sebagai berikut:
1) Transformasi
dan ketrampilan secara langsung;
2)
Pembelajaran berorientasi pada tujuan tertentu;
3)
Materi pembelajaran yang telah terstuktur;
4)
Lingkungan belajar yang telah terstruktur; dan
5)
Distruktur oleh guru.
2.3. Sintaks Model Pembelajaran Langsung
Tahapan atau sintaks model pembelajaran langsung menurut
Bruce dan Weil (1996)dalamhttps://akhmadsudrajat.wordpress.com/2011/01/27/model-pembelajaran-langsung/ adalah sebagai berikut:
a.
Orientasi. Sebelum menyajikan dan menjelaskan materi baru, akan
sangat menolong siswa jika guru memberikan kerangka pelajaran dan orientasi
terhadap materi yang akan disampaikan.
b.
Presentasi. Pada fase ini guru dapat menyajikan materi pelajaran baik
berupa konsep-konsep maupun keterampilan.
c.
Latihan terstruktur. Pada fase ini guru memandu siswa untuk melakukan
latihan-latihan. Peran guru yang penting dalam fase ini adalah memberikan umpan
balik terhadap respon siswa dan memberikan penguatan terhadap respon siswa yang
benar dan mengoreksi respon siswa yang salah.
d.
Latihan terbimbing. Pada fase ini guru memberikan kesempatan kepada siswa
untuk berlatih konsep atau keterampilan. Latihan terbimbing ini baik juga
digunakan oleh guru untuk mengases/menilai kemampuan siswa untuk melakukan
tugasnya. Pada fase ini peran guru adalah memonitor dan memberikan bimbingan
jika diperlukan.
e. Latihan
mandiri. Pada
fase ini siswa melakukan kegiatan latihan secara mandiri, fase ini dapat
dilalui siswa jika telah menguasai tahap-tahap pengerjaan tugas 85-90% dalam
fase bimbingan latihan.
2.4. Kelebihan Model Pembelajaran Langsung
Model
pembelajaran langsung menurut Akhmad Sudrajat dalamhttps://akhmadsudrajat.wordpress.com/2011/01/27/model-pembelajaran-langsung/ memiliki kelebihan sebagai berikut:
a.
Guru mengendalikan isi materi dan urutan informasi yang
diterima oleh siswa sehingga dapat mempertahankan fokus mengenai apa yang harus
dicapai oleh siswa..
b.
Dapat menjadi cara yang efektif untuk mengajarkan informasi
dan pengetahuan faktual yang sangat terstruktur.
c.
Merupakan cara yang paling efektif untuk mengajarkan konsep
dan keterampilan-keterampilan yang eksplisit kepada siswa yang berprestasi
rendah..
d.
Model pembelajaran langsung dapat digunakan untuk membangun
model pembelajaran dalam bidang studi tertentu.
.
2.5. Kekurangan Model Pembelajaran Langsung
Model
pembelajaran langsung menurut Akhmad Sudrajat dalamhttps://akhmadsudrajat.wordpress.com/2011/01/27/model-pembelajaran-langsung/ memiliki kekurangan sebagai berikut
a.
Model pembelajaran langsung bersandar pada kemampuan siswa
untuk mengasimilasikan informasi melalui kegiatan mendengarkan, mengamati, dan
mencatat.
b.
Dalam model pembelajaran langsung, sulit untuk mengatasi
perbedaan dalam hal kemampuan, pengetahuan awal, tingkat pembelajaran dan
pemahaman, gaya belajar, atau ketertarikan siswa.
c.
Siswa hanya memiliki sedikit kesempatan untuk terlibat
secara aktif.
d.
Karena guru memainkan peran pusat dalam model ini,
kesuksesan strategi pembelajaran ini bergantung pada image guru.
e.
Jika terlalu sering digunakan, model pembelajaran langsung
akan membuat siswa percaya bahwa guru akan memberitahu mereka semua yang perlu
mereka ketahui..
f.
Guru sulit untuk mendapatkan umpan balik mengenai pemahaman
siswa.
g.
Demonstrasi sangat bergantung pada keterampilan pengamatan
siswa.
.
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
1 Model pembelajaran langsung adalah model
pembelajaran yang menekankan pada penguasaan kondep dan/atau perubahan perilaku
yang dirancang khusus untuk menunjang proses belajar siswa yang berkaitan
dengan pengetahuan deklaratif dan pengetahuan procedural dengan mengutamakan
pendekatan deduktif yang dapat diajarkan dengan pola kegiatan yang bertahap.
2. Model pembelajaran langsung memiliki
ciri-ciri, yaitu transformasi dan ketrampilan secara langsung; pembelajaran berorientasi
pada tujuan tertentu; materi pembelajaran yang telah terstuktur; lingkungan
belajar yang telah terstruktur; dan distruktur oleh guru.
3.
Tahapan atau sintaks model pembelajaran langsung meliputi orientasi, presentasi,
latihan terstruktur, latihan terbimbing dan latihan mandiri.
4.
Kelebihan model pembelajaran dapat digunakan secara efektif dalam menyampaikan informasi
bagi guru, namun kekurangan atau kelemahan model pembelajaran langsung tidak
bisa diratakan karena bergantung pada kemampuan siswa itu sendiri bagaimana
dalam menerima informasi.
3.2 Saran
Penulis sadari penusunan makalah ini masih jauh
dari kata sempurna, sehingga penulis memohon kritikan dari pembaca mengenai
ketidaksempurnaan penyusunan makalah.
Daftar Pustaka
Anggitaata. 2012. Pengertian model Pembelajaran Langsung
dalam https://Anggitaata.wordpress.com/2012/09/04/pengertian-model-pembelajaran-langsung Diakses 7 Maret 2018.
Sudrajat, Akcmad. 2011.
Model Pembelajaran Langsung dalam https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2011/01/27/model-pembelajaran-langsung/
Diakses 7 Maret 2018.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar