-moz-border-radius: 0.5em 0.5em 0.5em 0.5em; border-radius: 0.5em 0.5em 0.5em 0.5em; border-top: 2px solid #FF6699; border-bottom: 2px dotted #FF6699; border-right: 10px solid #FF6699; border-left: 10px solid #FF6699; background: $(main.background); Model Pembelajaran Langsung- STRATEGI PEMBELAJARAN ~ Siti Miftahul Jannah Sitii Miftahul Jannah

Senin, 12 Maret 2018

Model Pembelajaran Langsung- STRATEGI PEMBELAJARAN


STRATEGI DAN DESAIN PEMBELAJARAN



Oleh:
Kelompok:

Anak Agung Permatasari                              NIM 1611031016
                 Siti Miftahul Jannah                                     NIM 1611031029
I KomangWidiana                                        NIM 1611031038
Kadek Agus Wiradana                                 NIM 1611031055
Kadek Suardani                                            NIM 1611031059

Kelas             : A
Semester       : IV

JURUSAN PENDIDIKAN GURU SEKOLAHDASAR
FAKULTASILMUPENDIDIKAN
UNIVERSITASPENDIDIKANGANESHA
2018
KATA PENGANTAR

Om Swastyastu
            Puja dan puji syukur dipanjatkan kehadapan Ida Sang HyangWidhiWasa/ Tuhan Yang Maha Esa,karenaatasberkatrahmat-NyapenulisdapatmenyelesaikanMakalahMengenai Strategi dan Desain Pembelajaran. Penulis mengharapkan makalah ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca, terutama dalam hal melakukan kegiatan pembelajaran.
            Penulis menyadari, bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan dan terdapat berbagai kekeliruan serta masih membutuhkan pengembangan lebih lanjut. Oleh karena itu, saran dan kritik sangat penulis harapkan guna menambah wawasan dan agar nantinya penulis dapat membuat makalah yang lebih baik.
            Pada akhirnya penulis berharap agar makalah ini dapat berguna bagi para pembaca.
Om Santih, Santih, Santih Om


Singaraja, 7 Maret 2018



Penulis



DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR.......................................................................................... ii
DAFTAR ISI........................................................................................................ iii
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang......................................................................................... 1
1.2 Rumusan Masalah.................................................................................... 1
1.3 Tujuan....................................................................................................... 1
1.4 Manfaat.................................................................................................... 1
BAB II ISI
2.1 Pengertian Model Pembelajaran Langsung..............................................
2.2 Ciri-ciri Model Pembelajaran Langsung...................................................
2.3 Sintaks Model Pembelajaran Langsung...................................................
2.4 Kelebihan Model Pembelajaran Langsung...............................................
2.5 Kekurangan Model Pembelajaran Langsung............................................
BAB III PENUTUP
...... 3.1 Simpulan...................................................................................................
3.2 Saran.........................................................................................................
DAFTAR PUSTAKA




BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LatarBelakang
Pembelajaran akan berjalan dengan baik ketika aspek pendidikan dapat berjalan serasi. Pengembangan pendidikan harus sesuai dengan proses pengajaran yang tepat agar anak didik dapat menerima pelajaran dengan baik. Guru sebagai pendidik harus mampu menghidupkan suasana belajar agar proses pembelajaran dapat tercapai. Pemilihan model pembelajaran menjadi salah satu kunci penunjang dalam proses pembelajaran. Ada berbagai model pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengajar, namun sebelum memilih model pembelanjaran yang sesuai guru harus memahami karakteristik siswa agar model pembelanjaran yang digunakan memang benar-benar efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran.Penanaman konsep pada siswa sekolah dasar menjadi sesuatu yang sangat penting karena berpengaruh pada struktur kognitif anak pada jenjang selanjutnya.Maka dari itu dalam makalah ini diuraikan mengenai model pembelajaran langsung yang menekankan pada konsep.
1.2 RumusanMasalah
1.2.1.Apa pengertian dari model pembelajaran langsung?
1.2.2. Bagaimana sintaks model pembelajaran langsung?
1.2.3. Apa ciri-ciri khas dari model pembelajaran langsung?
1.2.4. Apa kelebihan model pembelajaran langsung?
1.2.5. Apa kekurangan model pembelajaran langsung?
1.3 Tujuan
       1.3.1.Mahasiswa dapat memahami pengertian model pembelajaran langsung.
1.3.2. Mahasiswa dapat memahami sintaks model pembelajaran langsung.
1.3.3.Mahasiswa dapat memahami ciri-ciri khas model pembelajaran langsung.
1.3.4. Mahasiswa dapat memahami kelebihan model pembelajaran langsung.
1.3.5.Mahasiswa dapat memahami kekurangan model pembelajaran langsung.


BAB II
PEMBAHASAN

2.1. Pengertian Model Pembelajaran Langsung
Menurut Akhmad Sudrajat dalam blognya https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2011/01/27/model-pembelajaran-langsung/ mengemukakan model pembelajaran langsung adalah model pembelajaran yang menekankan pada penguasaan konsep dan/atau perubahan perilaku dengan mengutamakan pendekatan deduktif.
Model pembelajaran langsung menurut Arends (Trianto, 2011 : 29) adalah “Salah satu pendekatan mengajar yang dirancang khusus untuk menunjang proses belajar siswa yang berkaitan dengan pengetahuan deklaratif dan pengetahuan prosedural yang terstruktur dengan baik yang dapat diajarkan dengan pola kegiatan yang bertahap, selangkah demi selangkah”.(https://Anggitaata.wordpress.com/2012/09/04/pengertian-model-pembelajaran-langsung).
Dari kedua pendapat di atas, dapat kami simpulkan bahwa model pembelajaran langsung adalah model pembelajaran yang menekankan pada penguasaan konsep dan/atau perubahan perilaku yang dirancang khusus untuk menunjang proses belajar siswa yang berkaitan dengan pengetahuan deklaratif dan pengetahuan prosedural dengan mengutamakan pendekatan deduktif yang dapat diajarkan dengan pola kegiatan yang bertahap.

2.2. Ciri-ciri khas Model Pembelajaran Langsung
Menurut Akhmad Sudrajat dalam blognyahttps://akhmadsudrajat.wordpress.com/2011/01/27/model-pembelajaran-langsung/Model pembelajaran langsung memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
1)      Transformasi dan ketrampilan secara langsung;
2)      Pembelajaran berorientasi pada tujuan tertentu;
3)      Materi pembelajaran yang telah terstuktur;
4)      Lingkungan belajar yang telah terstruktur; dan
5)      Distruktur oleh guru.
2.3. Sintaks Model Pembelajaran Langsung
Tahapan atau sintaks model pembelajaran langsung menurut Bruce dan Weil (1996)dalamhttps://akhmadsudrajat.wordpress.com/2011/01/27/model-pembelajaran-langsung/ adalah sebagai berikut:
a.       Orientasi. Sebelum menyajikan dan menjelaskan materi baru, akan sangat menolong siswa jika guru memberikan kerangka pelajaran dan orientasi terhadap materi yang akan disampaikan.
b.      Presentasi. Pada fase ini guru dapat menyajikan materi pelajaran baik berupa konsep-konsep maupun keterampilan.
c.       Latihan terstruktur. Pada fase ini guru memandu siswa untuk melakukan latihan-latihan. Peran guru yang penting dalam fase ini adalah memberikan umpan balik terhadap respon siswa dan memberikan penguatan terhadap respon siswa yang benar dan mengoreksi respon siswa yang salah.
d.      Latihan terbimbing. Pada fase ini guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk berlatih konsep atau keterampilan. Latihan terbimbing ini baik juga digunakan oleh guru untuk mengases/menilai kemampuan siswa untuk melakukan tugasnya. Pada fase ini peran guru adalah memonitor dan memberikan bimbingan jika diperlukan.
e.       Latihan mandiri. Pada fase ini siswa melakukan kegiatan latihan secara mandiri, fase ini dapat dilalui siswa jika telah menguasai tahap-tahap pengerjaan tugas 85-90% dalam fase bimbingan latihan.
2.4. Kelebihan Model Pembelajaran Langsung
Model pembelajaran langsung menurut Akhmad Sudrajat dalamhttps://akhmadsudrajat.wordpress.com/2011/01/27/model-pembelajaran-langsung/ memiliki kelebihan sebagai berikut:
a.       Guru mengendalikan isi materi dan urutan informasi yang diterima oleh siswa sehingga dapat mempertahankan fokus mengenai apa yang harus dicapai oleh siswa..
b.      Dapat menjadi cara yang efektif untuk mengajarkan informasi dan pengetahuan faktual yang sangat terstruktur.
c.       Merupakan cara yang paling efektif untuk mengajarkan konsep dan keterampilan-keterampilan yang eksplisit kepada siswa yang berprestasi rendah..
d.      Model pembelajaran langsung dapat digunakan untuk membangun model pembelajaran dalam bidang studi tertentu.
.
2.5. Kekurangan Model Pembelajaran Langsung
Model pembelajaran langsung menurut Akhmad Sudrajat dalamhttps://akhmadsudrajat.wordpress.com/2011/01/27/model-pembelajaran-langsung/ memiliki kekurangan sebagai berikut
a.       Model pembelajaran langsung bersandar pada kemampuan siswa untuk mengasimilasikan informasi melalui kegiatan mendengarkan, mengamati, dan mencatat.
b.       Dalam model pembelajaran langsung, sulit untuk mengatasi perbedaan dalam hal kemampuan, pengetahuan awal, tingkat pembelajaran dan pemahaman, gaya belajar, atau ketertarikan siswa.
c.        Siswa hanya memiliki sedikit kesempatan untuk terlibat secara aktif.
d.       Karena guru memainkan peran pusat dalam model ini, kesuksesan strategi pembelajaran ini bergantung pada image guru.
e.        Jika terlalu sering digunakan, model pembelajaran langsung akan membuat siswa percaya bahwa guru akan memberitahu mereka semua yang perlu mereka ketahui..
f.        Guru sulit untuk mendapatkan umpan balik mengenai pemahaman siswa.
g.        Demonstrasi sangat bergantung pada keterampilan pengamatan siswa.
.

BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
1   Model pembelajaran langsung adalah model pembelajaran yang menekankan pada penguasaan kondep dan/atau perubahan perilaku yang dirancang khusus untuk menunjang proses belajar siswa yang berkaitan dengan pengetahuan deklaratif dan pengetahuan procedural dengan mengutamakan pendekatan deduktif yang dapat diajarkan dengan pola kegiatan yang bertahap.
2. Model pembelajaran langsung memiliki ciri-ciri, yaitu transformasi dan ketrampilan secara langsung; pembelajaran berorientasi pada tujuan tertentu; materi pembelajaran yang telah terstuktur; lingkungan belajar yang telah terstruktur; dan distruktur oleh guru.
3. Tahapan atau sintaks model pembelajaran langsung meliputi orientasi, presentasi, latihan terstruktur, latihan terbimbing dan latihan mandiri.
4. Kelebihan model pembelajaran dapat digunakan secara efektif dalam menyampaikan informasi bagi guru, namun kekurangan atau kelemahan model pembelajaran langsung tidak bisa diratakan karena bergantung pada kemampuan siswa itu sendiri bagaimana dalam menerima informasi.
3.2 Saran
Penulis sadari penusunan makalah ini masih jauh dari kata sempurna, sehingga penulis memohon kritikan dari pembaca mengenai ketidaksempurnaan penyusunan makalah.


Daftar Pustaka

Anggitaata. 2012. Pengertian model Pembelajaran Langsung dalam https://Anggitaata.wordpress.com/2012/09/04/pengertian-model-pembelajaran-langsung Diakses 7 Maret 2018.
Sudrajat, Akcmad. 2011. Model Pembelajaran Langsung dalam https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2011/01/27/model-pembelajaran-langsung/ Diakses 7 Maret 2018.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar