TUGAS
MATA KULIAH BELAJAR & PEMBELAJARAN
MERESENSI
BUKU
“PERKEMBANGAN
PESERTA DIDIK”
OLEH
NAMA : SITI MIFTAHUL JANNAH
NIM : 1611031029
KELAS/SEMESTER : A / II
JURUSAN
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS
ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
PENDIDIKAN GANESHA
SINGARAJA
2017
A.
Judul Buku : “Perkembangan Peserta Didik”
B.
Nama Penulis : Mulyani Sumantri dan Nana Syaodih
C.
Editor : Suhria
Atmana
D.
Penerbit : Universitas
Terbuka
E.
Cetakan : Kelima
belas, Januari 2007
F.
Tebal Buku : 276 halaman; 6 modul
G.
Ukuran Buku : 21 cm x 15 cm
H.
ISBN : 979-689-269-3
I.
Foto Buku :
J.
Resensi :
Perkembangan peserta didik mengacu pada bagaimana
seorang peserta didik tumbuh, beradaptasi, dan berubah disepanjang hidupnya.
Peserta didik tumbuh, beradaptasi, dan berubah melalui perkembangan fisik,
perkembangan kepribadian, perkembangan sosioemosional, maupun perkembangan
kognitif.
Secara garis besar, buku ini merupakan pedoman bagi
seorang calon pendidik maupun pendidik,dimana buku ini mengulas tentang
bagaimana cara pendidik dalam memahami perkembangan peserta didiknya dan
penerapannya dalam pelaksanaan pembelajaran.
Pada modul pertama, yang berjudul “Pertumbuhan dan
Perkembangan Anak”. Bab inidibahas mengenai hakikat pertumbuhan dan
perkembangan.Dalam mempelajari perkembangan anak, kita akan mempunyai ekpektasi
yang nyata tentang anak dan remaja. Faktor-faktor yang mempengaruhi
perkembangan terdiri dari kecerdasan, temperamen, dan juga interaksi. Fase-fase
perkembangan dimulai dari fase pra-natal, fase bayi, fase kanak-kanak awal,
fase kanak-kanak tengah dan akhir, dan fase remaja.
Modul kedua, yang berjudul “Karakteristik Anak Usia
SD”. Pada anak usia SD usia 6-12 tahun anak banyak mengalami perubahan fisik
maupun mental hasil perpaduan faktor internal maupun eksternal yaitu lingkungan
keluarga, sekolah, masyarakat, dan yang tak kalah penting adalah pergaulan
dengan teman sebayanya.
Modul ketiga, yang berjudul “Perbedaan Individual
Dan Jenis Kebutuhan Anak Usia Sekolah Dasar”.Pada dasarnya, setiap individu
memiliki ciri-ciri yang berbeda. Perbedaan tersebut makin terlihat sejalan
dengan aspek perkembangan individu yaitu pada perkembangan fisik, intelektual,
moral, dan perbedaan kemampuan. Dalam proses pertumbuhan dan perkembangan
seorang anak menuju kedewasaan, terjadi pula perubahan-perubahan kebutuhan.
Kebutuhan individu dibedakan menjadi 2 kelompok yaitu kebutuhan fisiologis
(kebutuhan primer: makan, minum, tidur, dan perlindungan diri), dan kebutuhan
psikologis (kebutuhan sekunder: kebutuhan untuk dicintai dan mengaktualisasikan
diri).
Modul keempat, yang berjudul “Perkembangan Anak Usia
Sekolah Menengah”. Pada bab ini dibahas mengenai karakteristik perkembangan
anak usia sekolah menengah, yang karakteristiknya hampir sama dengan anak usia
SD. Meskipun aspek-aspek perkembangan pada kedua tingkatan usia tersebut
memiliki persamaan, tetapi ada perbedaan dalam isinya. Ini dikarenakan adanya
perbedaan tingkat usia yang juga membawa sejumlah perbedaan karakteristik.
Modul kelima, yang berjudul “Perkembangan Orang
Dewasa”, mengulas tentang karakteristik perkembangan orang dewasa. Tiap rentang
usia memiliki karakteristik tersendiri. Pada usia dewasa, ada aspek-aspek
tertentu yang berkembang secara normal, aspek-aspek lainnya berjalan lamban
atau berhenti. Seperti aspek jasmaniah mulai berjalan lambandan secara
berangsur berhenti. Aspek psikis (intelektual-sosial-emosional-nilai) masih
terus berkembang, walaupun tidak dalam bentuk penambahan tetapi berupa
perluasan dan pematangan kualitas.
Modul keenam, yang berjudul “Implikasi Karakteristik
Peserta Didik Terhadap Penyelenggara Pendidikan”.Karakteristik anak
SD yaitu senang bermain, senang bergerak, senang bekerja dalam kelompok, dan
senang merasakan atau melakukan sesuatu secara langsung. Perincian tugas-tugas
perkembangan anak usia SD menurut Havighurst dan implikasinya terhadap
penyelenggaraan pendidikan yaitu: Pembelajaran keterampilan fisik yang diperlukan
untuk permainan sehari-hari, belajar bergaul dan bekerja dalam kelompok sebaya;
Mempelajari peran sosial sebagai pria atau wanita; Pengembangan keterampilan
dasar dalam CALISTUNG. Karakteristik yang menonjol pada anak usia sekolah
menengah adalah adanya ketidakseimbangan proporsi tinggi dan berat badan, mulai
timbulnya ciri-ciri sekunder, timbulnya keinginan untuk mempelajari dan
menggunakan bahasa asing, senang membandingkan norma dengan kenyataan, reaksi
dan ekspresi emosi masih labil, kepribadiannya menunjukkan pola tetapi belum
terpadu, kecenderungan minat dan pilihan karier sudah relatif lebih jelas. Ciri
khas pendidikan orang dewasa adalah fleksibel dalam pelaksanaannya, dapat
bersamaan dengan pengembangan pekerjaan dan kariernya. Ada yang mengutamakan
belajar, sedangkan belajar hanya sebagai sambilan. Dan sebaliknya.
Ø Kelebihan :
Dilihat dari isi dan pemaparannya, buku ini sangat
bagus sekali. Terutama bagi calon pendidik dan pendidik dalam memahami
perkembangan peserta didiknya nanti. Dalam buku ini, juga dilengkapi dengan
latihan-latihan soal objektif di setiap bab. Melalui latihan-latihan soal
tersebut, kita dapat mengetahui atau mengukur sejauh mana kita dapat menyerap
dan memahami materi. Dan di setiap akhir bab, buku ini menyediakan rangkuman
yang memudahkan kita dalam menemukan inti-inti sari dari apa yang kita baca
pada bab yang bersangkutan. Selain itu, terdapat gambar dan tabel yang
mempermudah pembaca dalam memahami materi tersebut.
Ø Kekurangan :
Menurut saya, di dalam buku ini kurang adanya ilustrasi dalam bentuk gambar
yang mendukung di beberapa sub bab, sehingga apa yang dijelaskan terasa sangat
hambarakibat kurangnya gambar dan ketika membaca agak sedikit bosan karena
kebanyakan tulisan. Di beberapa bab memang terdapat gambar dan tabel tertentu,
namun gambar dan tabel tersebut terlihat kurang menarik akibat kurangnya warna
(hanya hitam putih).









Tidak ada komentar:
Posting Komentar